Asuransi Syariah Terbaik Untuk Jiwa dan Kesehatan



Mengingat pentingnya asuransi untuk memproteksi diri dan keluarga, maka asuransi syariah perlu dipertimbangkan bila anda tak suka dengan sistem riba. Memang semua asuransi konvensional menggunakan sistem sistem suku bunga atau riba dalam pengelolaan keuangannya. Namun sistem keuangan di asuransi jenis ini menggunakan sistem keuangan berdasarkan asas tolong menolong.

Ada banyak asuransi dengan basis syariah yang ada di Indonesia; ini mengingat sebagian besar masyarakat Indonesia beragama muslim. Namun anda harus cerdas dalam memilih perusahaan asuransi. Ada tiga hal penting yang harus diketahui sebelum anda menentukan perusahaan mana untuk bergabung sebagai pemegang polis.

3 Hal penting Dalam Memilih Perusahaan Asuransi Syariah

Umur Perusahaan dan Penghargaan

Sebelum memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan asuransi syariah, sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu profil perusahaan tersebut. Perusahaan asuransi yang telah lama berdiri patut diperhitungkan karena pasti unit bisnis tersebut sudah sangat berpengalaman dalam dunia asuransi. Anda tak boleh ambil resiko dengan memilih perusahaan asuransi baru dan belum memiliki track record. Walaupun perusahaan tersebut menawarkan premi murah, anda tak boleh langsung tergoda untuk memilihnya. Sebaiknya ada pelajari terlebih dahulu profil perusahaan secara detail.

Kekuatan Finansial

Setelah mengetahui bagaiamana profil perusahaan tersebut, hal berikut yang perlu diperhatikan anda kekuatan atau stabilitas perusahaan asuransi secara finansial. Untuk mengetahui bagaimana kondisi finansial perusahaan asuransi, anda bisa melihat dari neraca yang dipublikasikan secara umum. Semakin banyak pendapatan perusahaan dari premi, maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan tersebut memiliki animo dan kepercayaan yang besar dari rakyat. Anda pun bisa bergabung bila sudah yakin bahwa perusaan tersebut cukup besar.

Testimoni Pemegang Polis

Dalam memilih asuransi syariah, anda harus jeli dalam melihat bagaimana kepuasan pelanggan. Silahkan anda lihat testimoni yang disampaikan oleh para pemegang polis sebelum anda. Apakah mereka merasa puas dan mendapatkan keuntungan dari asuransi tersebut atau tidak. Namun dalam melihat testimoni, anda juga harus hati-hati dan jangan sampai terkecoh. Bisa jadi testimoni tersebut dibuat-buat oleh perusaan asuransi syariah sendiri. Oleh sebab itu, testimoni yang terbaik bagi anda adalah bertanya langsung dengan teman atau kerabat yang pernah bergabung dengan perusahan asuransi yang sedang anda pertimbangkan tersebut.


--> Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih asuransi syariah. Untuk lebih jauhnya akan diberikan beberapa daftar asuransi dengan sistem syariah yang patut anda pertimbangkan. Allianz asuransi syariah perlu anda pertimbangkan karena ini adalah perusahan asuransi yang sudah mendapat kepercayaan dari masyarakat yang besar. Selain Allianz, Asuransi AXA, Manulife dan Prudential  juga memberikan keuntungan yang besar karena sharing profit yang ditawarkan cukup menggiurkan. Namun yang paling penting, asuransi syariah yang ada di Indonesia diawasi oleh dewan yang khusus.

Comments

Popular posts from this blog

Sekilas Tentang Asuransi Pengangkutan / Cargo

Alasan Memilih Asuransi Kesehatan